RAPAT KOORDINASI PENJABAT KEPALA DAERAH SELURUH INDONESIA

2023-11-01 08:36:56

Jakarta - Senin, 30 Oktober 2023, bertempat di Gedung Sasana Bhakti Praja Kementerian Dalam Negeri Republik Indonesia dilaksanakan Rapat Koordinasi Penjabat Kepala Daerah Seluruh Indonesia yang dibuka langsung oleh Menteri Dalam Negeri RI (Mendagri).

Turut hadir dalam kesempatan tersebut, Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi RI, Menteri PPN/Bappenas RI, Menteri Keuangan RI, Kepala Badan Pangan Nasional RI, Menteri Kesehatan RI, Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi RI, Wakil Menteri Dalam Negeri RI , Para Pejabat Tinggi Madya di Lingkungan Kemendagri dan Badan Nasional Pengelola Perbatasan (BNPP), Para Penjabat Kepala Daerah seluruh Indonesia, serta tamu undangan lainnya.

Dalam arahannya, Menteri Dalam Negeri RI (Mendagri),Jenderal Polisi (Purn.) Prof. Drs. H. Muhammad Tito Karnavian, B.A., M.A., Ph.D., menyampaikan bahwa dalam rakor kali ini Presiden Joko Widodo juga turut serta memberikan pengarahan di Istana Negara. Beliau juga menambahkan bahwa Rakor ini digelar untuk memantapkan penyelenggaraan pemerintahan dan pelayanan publik serta untuk mengoptimalkan program strategis nasional.

Mendagri juga menghimbau kepada para Pj. Kepala Daerah untuk melaksanakan 4 pedoman batasan kewenangan diantaranya :
1. Melakukan mutasi pegawai,
2. Membatalkan perizinan yang telah dibuat pejabat sebelumnya,
3. Membuat kebijakan pemekaran daerah yang bertentangan dengan kebijakan pejabat sebelumnya, serta
4. Membuat kebijakan baru yang bertentangan dengan kebijakan penyelenggaraan pemerintahan dan program pembangunan pejabat sebelumnya.
Keempat pembatasan tersebut dapat dilakukan dengan harus mendapatkan persetujuan tertulis dari Mendagri.

Dalam keterangannya, Pj. Wali Kota Tasikmalaya, Dr. Cheka Virgowansyah, SSTP., M.E. menyampaikan bahwa selaku Pj. Wali Kota Tasikmalaya siap melaksanakan arahan dari Presiden RI dan para Menteri yang hadir dalam Rakor Penjabat Kepala Daerah Seluruh Indonesia.