FORUM PERANGKAT DAERAH MUSRENBANG SEKTORAL DINAS PERUMAHAN DAN KAWASAN PERMUKIMAN

2024-02-21 14:56:07

Tasikmalaya - Rabu, 21 Februari 2024, Asisten Pemerintahan dan Kesejahteraan Masyarakat menghadiri Musrenbang sektoral Dinas Perumahan dan Kawasan Permukiman Kota Tasikmalaya tahun 2025 yang bertempat di Aula Dinas PUTR Kota Tasikmalaya.

Dalam sambutan Asisten Pemerintahan dan Kesejahteraan Masyarakat Kota Tasikmalaya Drs. H. Rachmat Riza Setiawan menyampaikan pelaksanaan musrenbang sektoral Dinas Perumahan dan Kawasan Permukiman pada hari ini merupakan salah satu bentuk dari pendekatan perencanaan pembangunan yang partisipatif.

Berbagai permasalahan infrastruktur perumahan dan kawasan permukiman menuntut perhatian bersama, karena dimungkinkan tetap menjadi prioritas utama pembangunan di tahun 2025 tanpa mengabaikan urusan pembangunan yang lain.

Sebagai fokus perhatian pembangunan infrastruktur perumahan dan kawasan permukiman Kota Tasikmalaya pada tahun 2024, permasalahan-permasalahan yang teridentifikasikan antara lain:

  1. Pengelolaan PSU perumahan yang sudah diserahterimakan;
  2. Serah terima fasilitas umum dan fasilitas sosial pada perumahan formal;
  3. Perbaikan rumah tidak layak huni;
  4. Penataan kawasan kumuh; dan
  5. Sumber daya manusia.

Ia juga mengingatkan bahwa usulan kebutuhan program dan kegiatan tentunya sangat berkaitan dengan kebutuhan anggaran, namun untuk memenuhi kebutuhan tersebut dihadapkan pada kendala keterbatasan anggaran. Perbandingan antara kondisi kemampuan keuangan daerah dengan peningkatan kebutuhan pembangunan yang tidak seimbang, mengharuskan pemerintah dapat menentukan program dan kegiatan yang perlu diprioritaskan.