DIRJENDUKCAPIL KEMENDAGRI PUAS AKAN INOVASI LAYANAN PUBLIK DISDUKCAPIL KOTA TASIKMALAYA

2021-02-17 10:11:24

Tasikmalaya - Bertempat di kantor Disdukcapil Kota Tasikmalaya, Direktur Jenderal Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kementrian Dalam Negeri (Dirjen. Dukcapil. Kemendagri) Prof. Zudan Arif Fakrullah melaksanakan kunjungan kerja ke Kota Tasikmalaya. Kunjungan dilaksanakan dalam rangka silaturahmi dan memastikan pelayanan Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Disdukcapil) Kota Tasikmalaya berjalan lancar. Selasa, 16 Februari 2021.

Dirjen Dukcapil menyampaikan bahwa Indonesia sedang bergerak menuju program Single Identity Number, diatur dalam Peraturan Presiden Nomor 62 Tahun 2019 yang mengatur tentang percepatan layanan induk dan statistik hayati, salah satunya adalah memerintahkan semua pelayanan publik harus berbasis Nomor Induk Kependudukan (NIK), seperti bantuan Kemensos dan layanan perbankan yang menggunakan NIK.

"Saya berharap di Kota Tasik nanti semua pelayanan publik nya berbasis dengan NIK." ujarnya

Ia menilai pelayanan di Disdukcapil Kota Tasikmalaya sudah berjalan sesuai dengan standar nasional. Hal ini nampak dengan adanya program baru yaitu Inovasi MASPUR (Masa Purnabakti) layanan untuk PNS yang akan pensiun, kemudian ada juga inovasi layanan berbasis komunitas, hal itu merupakan inovasi yang bagus untuk menjembatani agar pelayanan sampai ke masyarakat.

Drs. Imih Misbahul Munir selaku Kepala Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kota Tasikmalaya menyambut baik kunjungan Dirjen Kemendagri dalam rangka monitoring evaluasi kinerja Disdukcapil yang barang tentu mendorong motivasi bagi Disdukcapil Kota Tasikmalaya meningkatan kinerja pelayanan publik dalam bidang administrasi kependudukan kepada masyarakat.

"Alhamdulillah, beliau puas dengan pelayanan Disdukcapil Kota Tasikmalaya, terutama dengan berbagai inovasi pelayanan yang memudahkan masyarakat untuk memperoleh dokumen kependudukan." Ujarnya