VISITASI KOMISI INFORMASI

2021-10-26 14:30:08

Bertempat di Kantor Dinas Komunikasi dan Informatika Kota Tasikmalaya, Komisi Informasi Jawa Barat mengadakan visitasi terhadap pelayanan Pejabat Pengelola Informasi dan Dokumentasi (PPID) yang ada di Diskominfo Kota Tasikmalaya pada Selasa, 26 Oktober 2021. Kegiatan visitasi yang dilaksanakan oleh Komisi Informasi Jawa Barat tak lain bertujuan sebagai bentuk menilai legitimasi keterbukaan badan publik khususnya yang ada di Kota Tasikmalaya.

Sebelumnya, badan publik daerah akan mengikuti rangkaian tahapan dalam penerapan layanan informasi publik, seperti sosialisasi, penyerahan kuisioner, verifikasi administrasi, masa sanggah ke setiap daerah dan OPD sebanyak 27 daerah, akumulasi nilai akhir. Sebagai bentuk apresiasi, setiap badan publik dan OPD di daerah akan mendapatkan pemeringkatan dan anugerah yang diberikan langsung oleh Gubernur Jawa Barat.

Kota Tasikmalaya menjadi salah satu nominasi yang dinilai baik dengan adanya progres yang signifikan dalam menyediakan layanan informasi publik. Komisi Informasi Bidang Kelembagaan Jawa Barat (Yudaningsih) mengungkapkan bahwa, dengan adanya penilaian dan visitasi ini dapat menjadi movitasi yang diterapkan oleh setiap badan publik agar dapat menyampaikan informasi sesuai hak dan kebutuhan publik.