PENANDATANGAN IMPLEMENTASI SMART CITY

2022-04-21 00:00:00

Tasikmalaya - Walikota Tasikmalaya Drs. H. Muhammad Yusuf hadir dalam kegiatan Penandatanganan Nota Kesepakatan tentang Implementasi Gerakan Menuju Kota Cerdas (Smart City) antara Direktorat Jenderal Aplikasi Informatika, Kementerian Komunikasi dan Informatika dengan Kota Tasikmalaya dilaksanakan secara virtual di Command Center Kota Tasikmalaya, Kamis (21/4/2022).

Turut mendampingi, Sekretaris Daerah Kota Tasikmalaya, Kepala Plt.Bapelitbangda, Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika dan Kepala Bidang Aplikasi dan Informatika.

Penandatanganan nota kesepakatan ini tidak hanya dengan Kota Tasikmalaya saja, akan tetapi juga di ikuti 50 kabupaten/kota yang terpilih melalui penilaian assesment yang dilakukan pada tahun 2021.

Kegiatan tersebut dimaksudkan untuk memaksimalkan pemanfaatan teknologi informasi dan komunikasi dalam ekosistem smart city.

Walikota menyampaikan, Pemerintah Kota Tasikmalaya sudah bekerjasama dengan Kementerian Komunikasi dan Informatika Republik Indonesia, dengan adanya satu nota kesepahaman dalam rangka Kota Cerdas (Smart City).

Selain itu, kebutuhan Pemerintah Kota Tasikmalaya bisa dilihat dari pasal-pasal dalam nota kerjasama

dan nanti kita bisa merancang kalo ada berbentuk peralatan Pemerintah Kota Tasikmalaya akan minta bantuan dari provinsi untuk pendanaan. 

"Kalo masih murah mungkin dari APBD dulu kalo tidak kita arahkan ke provinsi" jelasnya.

Ia berharap dengan adanya kesepakatan yang dilakukan oleh Pemerintah Kota Tasikmalaya dengan Kominfo pusat sebagai Kota Cerdas bisa berjalan dengan baik dan harus didukung oleh sarana prasarana.

"Kita harapkan Nanti Kota cerdas itu betul-betul bisa berjalan dengan baik yang penting peralatanya mendukung kita untuk mengarah ke kota cerdas" pungkasnya.