Apel Besar Peringatan Hari Santri Nasional Tahun 2022 tingkat Kota Tasikmalaya

2022-10-22 22:05:01

Tasikmalaya - Sabtu, 22 Oktober 2022. Dilaksanakan Apel Besar Peringatan Hari Santri Nasional Tahun 2022 tingkat Kota Tasikmalaya yang dipusatkan di Lapangan Dadaha Kota Tasikmalaya. Turut hadir Ketua DPRD Kota Tasikmalaya, Walikota Tasikmalaya, Forkopimda Kota Tasikmalaya, Sekretaris Daerah Kota Tasikmalaya, Sekretaris MUI Kota Tasikmalaya, para kiyai, ulama, pimpinan Pondok Pesantren se-Kota Tasikmalaya dan tamu undangan lainnya.

Keputusan presiden No.  22 tahun 2015 telah menetapkan tanggal 22 Oktober sebagai Hari Santri. Penetapan 22 Oktober merujuk pada tercetusnya "Resolusi Jihad" yang berisi fatwa kewajiban berjihad demi mempertahankan kemerdekaan Indonesia. 

Untuk tahun 2022 ini, peringatan Hari Santri mengangkat tema Berdaya Menjaga Martabat Kemanusiaan.

Pada sambutan Menteri Agama yang disampaikan oleh Walikota Tasikmalaya, maksud tem berdaya menjaga martabat kemanusiaan adalah bahwa santri dalam kesejarahannya selalu terlibat aktif dalam setiap fase perjalanan Indonesia.  Santri dengan berbagai latar belakangnya siap sedia mendarmabaktikan hidupnya untuk bangsa dan negara.

Beliau mengajak mengajak semua masyarakat Indonesia untik turut serta merayakan Hari Santri dengan napak tilas perjuanvan santri menjaga martabat kemanusiaan untuk Indonesia.