Pasanggiri Pinton Anggon Kabaya Sunda Sinjang Batik Tasikan sa-Kota Tasikmalaya

2022-10-25 13:58:38

Tasikmalaya- bertempat di Transmart Kota Tasikmalaya. Asisten Pemerintahan dan Kesejahteraan Rakyat Sekretariat Daerah Kota Tasikmalaya menghadiri acara Pasanggiri Pinton Anggon Kabaya Sunda Sinjang Batik Tasikan sa-Kota Tasikmalaya yang diselenggarakan oleh Organisasi Pasundan Istri (PASI) dengan tema "Melalui Peringatan Hari Ibu ke-94 dan Dewi Sartika ke-138 Tahun 2022, Kita Lestarikan dan Kembangkan Budaya Sunda". Turut hadir Ketua Tim Penggerak PKK Kota Tasikmalaya, pupuhu puseur, Kepala Dinas KUMKM PERINDAG, Pupuhu Puseur Provinsi Jawa Barat, Kepala Dinas PPKBP3A, Ketua Dharma Wanita Persatuan (DWP), Ketua Pengurus Gabungan Organisasi Wanita Kota Tasikmalaya serta tamu undangan lainnya. Hari ini, Selasa (25/10).

Acara ini diisi dengan lomba peragaan busana yang diikuti oleh 45 peserta dengan menampilkan berbagai model busana khas sunda seperti kebaya, sinjang, dan batik tasik. Selain itu, akan dilaksanakan lomba memasak makanan etnik khas masyarakat sunda yang akan dilaksanakan besok. Rabu, 26 Oktober 2022.

Pemerintah Kota Tasikmalaya berharap kebaya sinjang dan batik khas tasik dapat terus berkembang hingga mancanegara serta dapat menjadi motivasi bagi UMKM pengusaha kuliner agar terus meningkatkan produksinya. Karena selain untuk memperingati Hari Ibu dan Hari Dewi Sartika. Acara ini juga sebagai media promosi dan upaya untuk melestarikan budaya Kota Tasikmalaya.