Koordinasi Percepatan Open Defecation Free (ODF) dan 5 (lima) Pilar Sanitasi Total Berbasis Masyarakat (STBM) tingkat Kota Tasikmalaya

2022-11-01 13:39:42

Tasikmalaya - Dinas Kesehatan Kota Tasikmalaya menggelar pertemuan Koordinasi Percepatan Open Defecation Free (ODF) dan 5 (lima) Pilar Sanitasi Total Berbasis Masyarakat (STBM) tingkat Kota Tasikmalaya, yang bertempat di Hotel Harmoni Kota Tasikmalaya. Selasa (1/11/2022).

Kegiatan tersebut dibuka secara resmi oleh Sekretaris Daerah Kota Tasikmalaya yang di wakilkan kepada Staf Ahli Bidang ekonomi keuangan dan pembangunan Bapak H. Budi Rahman S.Sos M.Si serta dihadiri oleh Satgas dari kecamatan dan kelurahan di Kota Tasikmalaya.

Dalam sambutan Sekretaris Daerah Kota Tasikmalaya yang dibacakan oleh Staf Ahli Bidang Ekonomi dan Pembangunan menyampaikan, di bulan Oktober tahun 2022 dari 69 Kelurahan baru ada 7 Kelurahan yang bebas dari buang air sembarangan atau ODF. Hal tersebut menunjukkan bahwa masih rendahnya tingkat kelurahan yang bebas dari buang air besar sembarangan di Kota Tasikmalaya.

Pemerintah Kota Tasikmalaya telah mengeluarkan surat ederan tentang upaya percepatan pencapaian kelurahan ODF (Open Defecation Free) atau stop buang air besar sembarangan dan pengelolaan sampah di masyarakat. Ini merupakan bentuk komitmen serius Pemerintah Daerah dalam mendukung percepatan ODF di Kota Tasikmalaya.

Beliau juga berpesan kepada seluruh stakeholder agar dapat mensosialisasikan kepada masyarakat untuk melakukan gerakan stop buang air besar sembarangan.

Beliau juga berharap dengan adanya kegiatan dengan pelaksanaan kegiatan pada hari ini dapat melahirkan gagasan-gagasan serta penguatan komitmen kita bersama untuk mewujudkan kelurahan yang ODF dan penguatan 5 pilar sanitasi berbasis masyarakat di Kota Tasikmalaya untuk mewujudkan hal tersebut, pemerintah tidak dapat berjalan sendiri dan membutuhkan kerjasama serta dukungan berbagai stakeholder di Kota Tasikmalaya terutama masyarakat, sehingga dapat membantu pencapaian pembangunan sanitas perkotaan yang aman dan berkelanjutan di Kota Tasikmalaya.