Rapat Koordinasi Forum Komunikasi Pimpinan Daerah Kota Tasikmalaya

2022-11-10 11:06:46

Tasikmalaya - Bertempat di Bale Kota Kota Tasikmalaya Pemerintah Kota Tasikmalaya menyelenggarakan Rapat Koordinasi Forum Komunikasi Pimpinan Daerah Kota Tasikmalaya dalam rangka mensukseskan pelaksanaan Pemilu Serentak 2024.

Turut hadir, Forkompinda Kota Tasikmalaya, Kepala OPD di lingkungan pemerintah kota Tasikmalaya,Ketua Bawaslu kota Tasikmalaya,ketua KPU Kota Tasikmalaya dan tamu undangan lainnya. Rabu,9/11/22.

Pada sambutannya Wali Kota Tasikmalaya menyampaikan dalam sebuah negara demokrasi, pemilihan umum merupakan salah satu pilar utama dari sebuah akumulasi kehendak rakyat dan pilar utama dari sebuah demokrasi.

Namun demikian, tidak dapat dipungkiri dalam realitas demokrasi saat ini, semakin banyak masyarakat yang semakin jauh dan menganggap pemilu tidak penting, bahkan semakin lama masyarakat semakin sinis terhadap pemilu, sehingga mengakibatkan menurunnya partisipasi masyarakat dan meningkatnya angka golput.

Beliau berharap kepada seluruh penyelenggara pemilu, terutama Bawaslu untuk menumbuhkan pengawasan independen berbasis masyarakat, baik melalui unsur LSM, perguruan tinggi dan organisasi masyarakat, juga menjadi sesuatu yang penting karena dapat memberikan kontribusi pemikiran, informasi akurat dan wilayah pantau yang lebih luas dan beragam,serta dapat menjadi penyeimbang penyelenggara Pemilu, khususnya Bawaslu dalam melaksanakan tugasnya.

Kepada seluruh pengurus Bawaslu dan KPU Kota Tasikmalaya serta seluruh stakeholder terkait beliau berpesan, tetap jaga integritas dan netralitas dalam melaksanakan tugas dan dalam penyelenggaraan Pemilu, berpedoman kepada asas mandiri, jujur, adil, kepastian hukum, tertib penyelenggara Pemilu, kepentingan umum, keterbukaan, profesionalitas, akuntabilitas, efisiensi dan efektivitas agar melahirkan pemilihan umum yang bersifat demokratis.