WEST JAVA DIGITAL SERVICES INTERNATIONAL FESTIVAL TAHUN 2022

2022-12-23 08:02:16

Sumedang - Penjabat Wali Kota Tasikmalaya Dr. Cheka Virgowansyah didampingi Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika Kota Tasikmalaya menghadiri acara West Java Digital Services International Festival 2022 di Balairung Kampus IPDN Jatinangor, Sumedang. (22/12)

Kegiatan ini dibuka oleh Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Panjaitan. Turut dihadiri oleh Menpan RB, Menteri Dalam Negeri, Gubernur Jawa Barat serta 540 bupati dan walikota se-Indonesia secara hybrid. Tujuan pelaksanaan kegiatan ini adalah untuk membangun komitmen seluruh stakeholders tentang pentingnya Digital Services Living Lab sebagai aktualisasi Sistem Pemerintahan Berbasis Elektronik (SPBE).

Agenda utama WJDS IFES 2022 yaitu talkshow, penandatanganan komitmen pemerintah pusat, provinsi hingga kabupaten kota, dan coaching clinic SPBE. Selain itu ada 30 booth digital services exhibition dari pemerintah pusat, provinsi, kabupaten kota, dunia usaha, internasional dan perguruan tinggi.

Terdapat beberapa mindset yang perlu diperhatikan untuk mewujudkan Kota Cerdas yaitu perubahan mindset pemimpin dan aparatur serta budaya inovasi, regulasi perkotaan, penerapan single database, transaksi non tunai dan sistem keuangan inklusif, perbaikan dan perluasan jaringan infrastruktur dan penerapan konsep society 5.0.