PEMBUKAAN PASANGGIRI LENGSER AMBU TINGKAT SD, SMP, SMU/SMK DAN UMUM SE-JAWA BARAT TAHUN 2023

2023-01-24 13:13:03

Tasikmalaya-Selasa, 24 Januari 2023. Bertempat di Halaman Gedung Kesenian Kota Tasikmalaya diadakan acara Pembukaan Pasanggiri Lengser Ambu Tingkat SD, SMP, SMU/SMK Dan Umum Se-Jawa Barat Tahun 2023. Turut hadir dalam kesempatan tersebut, Kepala Bidang Budaya Dinas Kepemudaan, Olahraga dan Pariwisata Kota Tasikmalaya (Dinas Porabudpar Kota Tasikmalaya), Ketua Lengser Ambu Jawa Barat, Guru Besar Maestro Karawitan, Ketua ASETI Pusat, Padepokan Se-Jawa Barat, Para Peserta dan Juri Pasanggiri Lengser Ambu, Para Seniman dan Budayawan dan Tamu Undangan Lainnya.

Dalam sambutannya, Kepala Bidang Kebudayaan Dinas Porabudpar Kota Tasikmalaya mengatakan bahwa dengan adanya pasanggiri ini dapat menjadi acuan atau pijakan bagi para lengser ambu yang ada di Tasikmalaya untuk terus menjaga etika sekaligus estetika budaya sunda yang telah diwariskan oleh para leluhur sejak dahulu.

Kegiatan Pasanggiri Lengser Ambu tahun ini di ikuti oleh 52 peserta dari tingkat SD, SMP, SMA/SMK dan Umum sebanyak 20 orang yang baru terdaftar. Diharapkan kegiatan Pasanggiri Lengser Ambu yg digelar tahun ini dapat menggali potensi generasi muda dalam pelestarian budaya sunda serta diharapkan kegiatan ini dapat menjadi agenda yang berkelanjutan.