MUSRENBANG/ FORUM PERANGKAT DAERAH RKPD KOTA TASIKMALAYA TAHUN 2024 BIDANG LINGKUNGAN HIDUP

2023-02-06 15:05:40

Tasikmalaya-bertempat di Aula Dinas PUTR Kota Tasikmalaya, dilaksanakan Penyusunan Rancangan RKPD dan Rencana Kerja pada Dinas Lingkungan Hidup Kota Tasikmalaya Tahun 2024. Acara ini dibuka oleh Penjabat Wali Kota Tasikmalaya, Dr. Cheka Virgowansyah, SSTP., M.E. Hari ini. Senin, 6 Februari 2023.

Turut hadir Ketua Komisi III DPRD Kota Tasikmalaya, Kepala Dinas Lingkungan Hidup Kota Tasikmalaya, perwakilan OPD di Kota Tasikmalaya, tokoh masyarakat serta tamu undangan lainnya.


Tujuan Forum Perangkat Daerah ini ialah untuk melaksanakan musyawarah dalam upaya sinkronisasi usulan prioritas Perangkat Daerah dengan Usulan hasil Musrenbang Kecamatan sekaligus menampung aspirasi masyarakat yang disampaikan melalui pokok-pokok pikiran DPRD dan usulan program/kegiatan lintas Perangkat Daerah. Tema pembangunan tahun 2024 adalah “stabilitas keamanan dan peningkatan daya saing untuk pertumbuhan ekonomi yang inklusif dan kesejahteraan masyarakat”.

Salah satu Indikator Kinerja Utama Dinas Lingkungan Hidup yang tertuang dalam RPD Kota Tasikmalaya tahun 2023-2026 adalah presentase pengelolaan sampah yang ditopang oleh indikator presentase pengangkutan dan pengurangan sampah. Jumlah produksi sampah per hari kurang lebih 315 ton, yang diangkut ke TPA Ciangir sebanyak 220 ton. Angka ini akan terus bertambah dan daya tampung TPA Ciangir semakin berkurang. Apabila tidak diantisipasi dikhawatirkan akan menimbulkan masalah atau bahkan musibah.

Dalam sambutannya, Penjabat Wali Kota Tasikmalaya menyampaikan bahwa diperlukan upaya penanggulangan sampah yang bersifat holistic dari hulu ke hilir. Bukan hanya pengangkutan melainkan bagaimana caranya memberikan pemahaman kepada masyarakat agar dapat mengelola sampah untuk tidak keluar dari rumah, selain mengurangi volume sampah yang masuk ke TPA juga dapat memberikan nilai ekonomi.

Selain itu, Pembentukan Satgas Tasik Resik merupakan bentuk kolaborasi dari perwujudan komitmen bersama dalam menyelesaikan permasalah sampah di Kota Tasikmalaya. Berbagai cara dilakukan demi mengembalikan citra Kota Tasikmalaya sebagai Kota Resik.

Beliau juga menyampaikan bahwa kolaborasi mutlak dibutuhkan terlebih dalam menyelesaikan Prioritas pembangunan dalam RPD Kota Tasikmalaya tahun 2023-2026 yaitu :
1. Penanggulangan kemiskinan;
2. Peningkatan SDM yang berkualitas berbasis kearifan lokal;
3. Pemulihan dan pertumbuhan ekonomi inklusif dan berkelanjutan;
4. Optimalisasi infrastruktur dan penataan ruang yang berwawasan lingkungan;
5. Percepatan implementasi Reformasi Birokrasi dan penyelenggaraan pemilu dan pemilukada serentak