MUSRENBANG/FORUM PERANGKAT DAERAH RKPD KOTA TASIKMALAYA TAHUN 2024 DINAS KOPERASI, USAHA MIKRO KECIL, DAN MENENGAH PERINDUSTRIAN DAN PERDAGANGAN KOTA TASIKMALAYA

2023-02-08 14:25:09

Tasikmalaya - Rabu, Bertempat di Aula PPIK Dinas Koperasi UMKM Perindag Kota Tasikmalaya, dilaksanakan Penyusunan Rancangan RKPD dan Rencana Kerja pada Dinas Koperasi UMKM Perindag Kota Tasikmalaya Tahun 2024, dengan mengusung tema "Stabilitas Kemanan dan Peningkatan Daya Saing untuk pertumbuhan Ekonomi yang Insklusif dan Kesejahteraan Masyarakat". Kegiatan ini dihadiri dan dibuka langsung oleh Penjabat Wali Kota Tasikmalaya, Dr. Cheka Virgowansyah, S.STP., M.E. Hari ini, Rabu 8 Februari 2023.
 
Turut hadir Ketua Komisi II DPRD Kota Tasikmalaya, Sekretaris Komisi II, Kepala BPN Kota Tasikmalaya, Asisten Manager Bank Indonesia, Ketua Kadin Kota Tasikmalaya, Para Kepala OPD di Kota Tasikmalaya, tokoh masyarakat, serta tamu undangan lainnya.
 
Kepala BPN Kota Tasikmalaya, Tonni Seto Soekemi S.kom  menyampaikan bahwa sekitar 2000 lebih bidang tanah telah di sertifikasi serta target untuk tahun 2023 sebanyak 103 tanah yang akan di sertifikasi. Kemudian beliau juga menyampaikan mengenai pemberdayaan pelaku usaha mikro.
 
Ketua Komisi II Andi Warsandi, S.E menyampaikan beberapa hal yang berkaitan mengenai pasar, koperasi, dan UMKM. Dimulai dengan revitalisasi pasar Cikurubuk yang harus segera diperbaiki dengan bangunan darurat agar bisa berjalan maksimal. Lalu beliau berharap pihak pemerintah dapat menyeleksi arus pasar indomaret dan alfamaret yang beroperasi di tasikmalaya dengan dilakukan upaya pengendalian serta peningkatan pemberdayaan PKL yang ada.
 
Dalam sambutannya Penjabat Wali Kota menyampaikan terkait permasalahan UKM, beliau senantiasa mendorong para UKM untuk mengelola sumber bahan baku internal dan pasar yang sifatnya digital. Selain itu, diharapkan para UKM dapat memasarkan produknya melalui marketplace dan media sosial serta platform digital lainnya.  Kemudian dalam meningkatkan upaya promosi dan pemasaran, pemerintah bersama Dinas Koperasi UMKM dan perindag Akan mengadakan festival Bakso, Bordir festival, dan To festival, upaya memperluas pasar.