FORUM PERANGKAT DAERAH/ MUSRENBANG SEKTORAL RKPD 2024 BIDANG KOMUNIKASI DAN INFORMATIKA KOTA TASIKMALAYA

2023-02-13 15:46:28

Tasikmalaya- bertempat di Fave Hotel Tasikmalaya. Dilaksanakan Musyawarah Perencanaan Pembangunan (MUSRENBANG) Sektoral RKPD Kota Tasikmalaya Tahun 2024 Bidang Komunikasi dan Informatika. Acara ini dibuka oleh Penjabat Wali Kota Tasikmalaya, Dr. Cheka Virgowansyah, SSTP. M.E. Hari ini. Senin, 13 Februari 2023.

Turut hadir Sekretaris komisi 1 DPRD Kota Tasikmalaya, perwakilan anggota DPRD Kota Tasikmalaya, Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika Kota Tasikmalaya, Kepala BPS Kota Tasikmalaya, serta tamu undangan lainnya.

Dinas Kominfo saat ini telah mengembangkan aplikasi yang dapat menunjang kebutuhan masyarakat dan menunjang program Pemerintah Kota Tasikmalaya yang sedang fokus dalam 3 permasalahan yaitu kemiskinan. Penurunan angka stunting dan pengelolaan sampah di Kota Tasikmalaya.

Peran Dinas Kominfo tersebut di antaranya pengembangan website Suresman (Tanda Tangan Elektronik), KELOM (Kelurahan On Mobile), GOSO (Gerakan Olah Sampah Organik), Bageur (aplikasi untuk memfasilitasi masyarakat tasik untuk menyalurkan bantuan kepada warga yang membutuhkan), SIPENTAS (aplikasi perizinan) dan aplikasi lainnya. Selain itu memiliki peran dalam upaya menanggulangi sampah dengan melakukan pemasangan CCTV di Tempat Pembuangan Sampah serta melakukan publikasi informasi kepada masyarakat secara rutin.

Pj. Wali Kota Tasikmalaya dalam sambutannya menyampaikan bahwa Dinas Kominfo Kota Tasikmalaya bukan menjadi pelayan inti tetapi menjadi inti dari pelayanan, karena kebijakan yang diberikan harus bergerak berdasarkan data. Karena dengan adanya data maka pekerjaan akan lebih efektif. Beliau juga mengapresiasi program dan peran Dinas Kominfo dalam 3 permasalahan yang menjadi fokus di Kota Tasikmalaya saat ini.