MUSRENBANG/ FORUM PERANGKAT DAERAH RKPD KOTA TASIKMALAYA TAHUN 2024 DINAS PENANAMAN MODAL DAN PELAYANAN TERPADU SATU PINTU

2023-02-23 14:18:25

Tasikmalaya- bertempat di Hotel Grand Metro Tasikmalaya, Pj. Wali Kota Tasikmalaya menghadiri Musrenbang/ Forum Perangkat Daerah Rkpd Kota Tasikmalaya Tahun 2024 Dinas Penanaman Modal Dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu. Hari ini, Kamis 23 Februari 2023. Turut hadir Sekretaris Komisi I DPRD Kota Tasikmalaya, Ketua Komisi II DPRD Kota Tasikmalaya, Para Kepala SKPD, Ketua Kadin Kota Tasikmalaya, Ikatan Arsitek Indonesia, serta tamu undangan lainnya.


Kota Tasikmalaya memiliki posisi yang strategis dalam presfektif perekonomian di kawasan priangan timur karena menjadi Pusat Kegiatan wilayah (PWK). Peresmian Gedung Tasik Creative Center oleh Gubernur Jawa Barat kemarin merupakan tanda bahwa Kota Tasikmalaya memiliki potensi karena tidak semua daerah dibangun Gedung Creative Center.

Potensi Ekonomi Kreatif di Kota Tasikmalaya sangat besar, terapat 6.903 ekonomi kreatif yang terdapat di Kota Tasikmalaya, baik kuliner, fesyen maupun kriya. Belum lagi potensi lain yang tentu dapat menjadi daya tarik bagi para investor. Pembangunan Tol Getaci yang sedang berlangsung akan mempermudah mobilisasi dan tentu akan memberikan dorongan investasi Kota Tasikmalaya. Oleh karena itu, iklim investasi yang ramah mutlak dibutuhkan.

Diketahui Aktivitas investasi Kota Tasikmalaya tahun ke tahun mengalami peningkatan dari 6,8 T di tahun 2020 meningkat menjadi 7,57 T di tahun 2021. Nilai investasi tersebut memberikan kontribusi sebesar 33,15% terhadap perekonomian daerah.

Dalam sambutan Pj. Wali Kota Tasikmalaya, disampaikan bahwa kehadiran DPMPTSP harus senantiasa menjadi pelopor kemudahan baik bidang pelayanan, perizinan, penanaman modal maupun investasi. Inovasi tidak hanya sampai MPP saja namun kedepan harapnnya segala bentuk dokumen layanan dapat dijangkau melalui teknologi (smartphone).

Beliau juga mengajak kepada seluruh Perangkat Daerah yang memiliki tugas fungsi dalam hal perizinan untuk bersama-sama meng-optimalkan keberadaan MPP ini sebagai pusat pelayanan kepada masyarakat sehingga kehadirannya dapat benar-benar dirasakan oleh masyarakat. Meningkatkan koordinasi dan kolaborasi dengan seluruh element termasuk khususnya yang memberikan layanan di MPP.