PENJABAT WALI KOTA TASIKMALAYA MENGHADIRI PEMBUKAAN BUSINESS MATCHING TAHAP V TAHUN 2023

2023-03-15 17:32:28

Jakarta-Rabu, 15 Maret 2023. Bertempat di Istora Senayan Jakarta, Penjabat Wali Kota Tasikmalaya, Dr. Cheka Virgowansyah, SSTP., M.E. menghadiri Pembukaan Business Matching tahap V Tahun 2023 yang dibuka langsung oleh Presiden Republik Indonesia. Turut mendampingi dalam kesempatan tersebut, Kepala Dinas KUMKM Perindag Kota Tasikmalaya, Asisten Daerah 2 Setda Kota Tasikmalaya, Kepala Bagian Pengadaan Barang dan Jasa Setda Kota Tasikmalaya, serta tamu undangan lainnya.

Dalam sambutannya, Presiden Republik Indonesia, Ir. H. Joko Widodo menyampaikan bahwa dalam upaya pengoptimalan penggunaan produk lokal kuncinya adalah kedisiplinan implementasi dalam merealisasikan anggaran. Saat ini, sudah terdapat 3,4 juta produk dalam negeri yang sudah masuk e-Katalog dimana sebelumnya hanya terdapat sebanyak 50 ribu produk dan itu meningkat hanya dalam kurun waktu satu tahun lebih. Beliau juga menambahkan bahwa Pemerintah menargetkan pada tahun 2023 realisasi belanja produk dalam negeri sebesar 95 persen atau senilai Rp1.171 triliun.

Disisi lain, Menteri Perindustrian Republik Indonesia, Dr. Agus Gumiwang Kartasasmita, M.Si. menyampaikan bahwa kegiatan Business Matching tahap V Tahun 2023 ini dilaksanakan selama 3 hari yang dihadiri oleh 4000 peserta yang terdiri dari perwakilan kementerian, lembaga, pemerintah daerah, perusahaan industri, badan usaha, dan asosiasi. Beliau juga menambahkan bahwa diharapkan output dari kegiatan ini adalah tercapainya target realisasi pembelian produk dalam negeri oleh lembaga negara Kementerian/Lembaga Pemerintah daerah dan BUMN/BUMD, Badan Usaha Senilai minimal Rp 250 Triliun.