Pemberdayaan Kader TB Dalam Rangka Penanggulangan Penyakit Menular TBC di Wilayah Kerja Puskesmas Sambongpari

2023-05-12 14:46:12

Tasikmalaya-Jum'at, 12 Mei 2023. Dilaksanakan Pemberdayaan kader TB Dalam Rangka Penanggulangan Penyakit Menular TBC di Wilayah Kerja Puskesmas Sambongpari.

Acara diawali oleh Sambutan Kepala Puskesmas Sambongpari (Hj Enung Rohimah, S.ST) sekaligus membuka acara. Turut hadir penanggungjawab Upaya Kesehatan Masyarakat (Hetin Herawati,S.ST), Koordinator kader TB kota Tasikmalaya Ibu Emas Kusmiyati, Pengelola program TBC Puskesmas Sambongpari, (H Iwan Ridwan, S.Kep.Ners), Koordinator Promosi Kesehatan Puskesmas Sambongpari (Rini Iswanti Amd.Kep) dan diikuti oleh 23 calon kader TBC yang merupakan perwakilan dari 46 Posyandu diwilayah kerja Puskesmas Sambongpari. 

Acara tersebut bertujuan untuk memberdayakan serta meningkatkan peran kader dan masyarakat dalam menanggulangi penyakit menular TBC dengan cara pemantauan kontak erat serta deteksi dini kasus dengan pengenalan tanda gejala Penyakit TBC.

Harapannya kedepan ada peningkatan angka kesembuhan dan penurunan kasus serta penurunan Kematian akibat penyakit TBC, sehingga Indonesia Bebas TBC tahun 2030 bisa terwujud.

Diketahui Penyakit TBC merupakan penyakit menular yang saat ini masih banyak ditemukan kasusnya di Indonesia, termasuk di wilayah UPTD Puskesmas Sambongpari. Minimnya pengetahuan masyarakat mengenai penyakit TBC merupakan faktor utama terus bertambahnya kasus TBC sehingga perlu adanya tindakan pengendalian. Puskesmas sebagai ujung tombak permasalahan kesehatan di masyarakat dalam rangka penanggulangan dan pengendalian penyakit menular TBC mengadakan kegiatan pemberdayaan kader TBC dengan harapan dapat membantu menuju Indonesia bebas TBC 2030.