PEMERINTAH KOTA TASIKMALAYA MERAIH PERINGKAT 1 KATEGORI KAB/KOTA TERCEPAT DALAM PENGIRIMAN DATA DAN PENILAIAN KKP HAM 2023 TINGKAT PROVINSI JAWA BARAT

2023-05-31 16:56:20

Bandung-Senin, 29 Mei 2023. Bertempat di ruang Sanggabuana Biro Hukum dan HAM Sekretariat Daerah Provinsi Jawa Barat, Kanwil Kemenkumham bersama seluruh Kabupaten Kota se Jawa Barat melaksanakan Pengiriman Data dan Dokumen Penilaian Kabupaten/Kota Peduli HAM serta Pemantauan dan Evaluasi Kabupaten/Kota Peduli HAM Tahun 2023. Kegiatan ini dilaksanakan sesuai dengan arahan Kepala Kakanwil Kemenkumham Jabar R. Andika Dwi Prasetya dan Kadivyankumham Andi Taletting Langi.

Dalam keterangannya, Kepala Bidang Hak Asasi Manusia, Hasbullah menjelaskan Penilaian KKPHAM di tahun 2023 ini adalah capaian kinerja pemerintah pada tahun sebelumnya yakni Januari - Desember 2022 yang memenuhi 10 Indikator Kriteria Kabupaten/Kota Peduli HAM dengan 120 pertanyaan. Semua data dukung yang terkumpul telah diverifikasi terlebih dahulu oleh verifikator dari Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM Jawa Barat sebelum diinput dalam aplikasi KKPHAM sebagai bentuk keterbukaan dan komitmen sinergisitas Pemerintah daerah dengan Instansi Vertikal Pemerintah yakni Kementerian Hukum dan HAM dalam rangka P5HAM".

Kolaborasi Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM Jawa Barat (Kanwil Kemenkumham Jabar) dengan 27 Kabupaten Kota se Jawa Barat telah berhasil meng upload/mengirimkan data dukung dan Dokumen Penilaian Kabupaten Kota Peduli HAM 100% dari seluruh Kabupaten Kota se Jawa Barat.

Pada acara tersebut Kanwil Kemenkumham memberikan penghargaan kepada pemerintah Kota Tasikmalaya, Kabupaten Ciamis dan Pangadaran sebagai kabupaten kota yang tercepat 1, 2, dan 3 dalam mengirimkan data dan penilaian KKP HAM. Dalam keterangannya, Penjabat Wali Kota Tasikmalaya, Dr. Cheka Virgowansyah, SSTP., M.E. menyampaikan apresiasi dan ucapan terima kasih kepada seluruh perangkat daerah yang sudah bekerja keras mengumpulkan dan melaporkan KKP HAM Tahun 2023. Beliau juga menambahkan bahwa predikat Kota Peduli HAM di Kota Tasikmalaya harus terus dipertahankan.