Penguatan Forum Kemitraan Untuk AIDS Tuberkulosis Malaria (ATM)

2023-06-13 11:06:26

Tasikmalaya- Selasa, 13 Juni 2022. Dilaksanakan Acara Pertemuan Penguatan Forum Kemitraan Untuk AIDS Tuberkulosis Malaria (ATM) di Aula Bapelitbangda Kota Tasikmalaya.

Acara ini dihadiri oleh Sekretaris Daerah Kota Tasikmalaya, Koordinator Program Adinkes RSSH ATM Provinsi Jabar, Dr. Wiwik Ekameini, Plh. Kaban Bappelitbangda, Kepala Dinas Kesehatan Kota Tasikmalaya, dan tamu undangan lainnya.

Sekretaris Daerah Kota Tasikmalaya dalam sambutannya menyampaikan bahwa upaya pencegahan dan pengendalian AIDS Tuberkulosis-Malaria (ATM) memerlukan peran lintas sektor, dan tidak hanya dipandang sebagai isu bidang kesehatan saja. Peran lintas sektor mulai dari pemerintahan, akademisi, bisnis, media dan masyarakat harus bersinergi mewujudkan Indonesia sehat.

Ia juga menjelaskan bahwa dalam upaya pencegahan dan pengendalian AIDS Tuberkulosis-Malaria (ATM), Kedepannya akan menggunakan pola 8 aksi kovergensi stunting serta 5 pilar strategi nasional dalam percepatan penurunan stunting, sehingga peran lintas sektor dalam pencegahan dan pengendalian AIDS-Tuberkulosis Malaria (ATM) dapat lebih tergambarkan secara jelas.

Terdapat beberapa aksi yang bisa dilakukan di antaranya adalah
1. Analisis situasi kasus ATM
2. Rencana kegiatan pencegahan dan pengendalian ATM
3. Rembuk pencegahan dan pengendalian ATM

Adanya pemetaan peran lintas sektor ini diharapkan akan mengatasi kasus ATM di Jawa Barat sehingga dapat mencapai target 2030 Zero AIDS-TUBERKULOSIS-MALARIA.