GERAKAN PANGAN MURAH (GPM) ATAU PASAR MURAH SERENTAK YANG TERSEBAR DI TINGKAT PROVINSI DAN KABUPATEN/KOTA SE-INDONESIA

2023-06-26 13:33:42

Tasikmalaya- Senin, 26 Juni 2023. Dilaksanakan kegiatan Gerakan Pangan Murah (GPM) atau pasar murah serentak yang tersebar di tingkat provinsi dan kabupaten/kota se-Indonesia.

Acara ini dihadiri oleh Pj. Wali Kota Tasikmalaya, Sekretaris Daerah Kota Tasikmalaya, Kepala Perwakilan BI Tasikmalaya, Forkopimda atau yang mewakili, Kepala DKP3 Kota Tasikmalaya, Kepala Dinas UMKM Perindag dan para JPT Pratama di Lingkup Pemerintah Kota Tasikmalaya, Asisten Bidang Perekonomian dan Pembangunan Kota Tasikmalaya, dan tamu lainnya.

Diketahui di Kota Tasikmalaya pada mei 2023 yang lalu terjadi inflasi sebesar 0,27% month to month (mtm), sedangkan angka inflasi pada bulan yang sama jika dihitung tahun ke tahun (year on year) sebesar 4,5%. (angka ini dirasakan masih sangat tinggi dari kondisi normal 3±1%)

Pada kesempatan ini, pemerintah pusat melalui Badan Pangan Nasional menggelar kegiatan Gerakan Pangan Murah (GPM) atau pasar murah serentak yang tersebar di tingkat provinsi dan kabupaten/kota se-Indonesia yang secara resmi diluncurkan pada hari ini di Jakarta. (kegiatan ini masuk dalam Rekor MURI untuk kategori gerakan pangan yang diadakan di lebih dari 300 titik pelaksanaan berbeda)

Pelaksanaan pasar murah ini menyediakan berbagai bahan pangan pokok dengan harga terjangkau atau di bawah harga pasar, seperti beras, telur, cabai, bawang merah, bawang putih, daging ayam, daging sapi, gula, minyak goreng, serta aneka sayuran, dan buah-buahan serta produk olahan pangan lainnya.
Pj. Wali Kota Tasikmalaya dalam sambutannya berharap Melalui kegiatan Gerakan Pangan Murah ini diharapkan dapat bermanfaat bagi masyarakat Kota Tasikmalaya terutama dalam memenuhi kebutuhan pokok serta dapat menurunkan laju inflasi di Kota Tasikmalaya sehingga berjalan dalam “track” yang normal.